Panduan Dalam Melakukan Pembayaran Tagihan Listrik Secara Online

Pembayaran online - Kebutuhan akan listrik akan terus mengalami peningkatan. Semakin banyak jumlah penduduk di suatu negara, semakin banyak pula kebutuhan listrik yang harus dipenuhi. Jumlah penduduk yang semakin meningkat, frekuensi akan bangunan baru juga akan meningkat. Bangunan baru tersebut pastinya membutuhkan listrik sebagai alat penerangan, hiburan dan kebutuhan rumah tangga yang lain.

Kebutuhan listrik di Indonesia sendiri diproduksi dengan menggunakan energi diesel dimana energi tersebut tidak dapat diperbaharui. Semakin lama energi listrik dihasilkan, cadangan akan tenaga listrik tersebut akan semakin berkurang seiring berkembangnya waktu. Untuk itulah, penggunaan listrik harus diminimalkan agar penggunaannya dapat diperpanjang.

Berbicara mengenai listrik, pihak PLN atau Perusahaan Milik Negara akan selalu mengecek kebutuhan listrik setiap bangunan. Pengguna listrik diwajibkan membayarkan sejumlah uang yang sesuai dengan penggunaan daya listrik selama satu bulan. Pengguna listrik dapat membayarkan tagihan listrik tersebut dengan mendatangi PLN atau melakukan pembayaran secara online.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pembayaran listrik dapat dilakukan dengan bantuan internet. System pembayaran online tersebut dapat memudahkan konsumen dalam melakukan pembayaran tagihan listrik secara cepat dan praktis. Layanan internet banking merupakan layanan yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran listrik secara online.

Dari beberapa system pembayaran listrik secara online, pembayaran listrik dengan menggunakan ATM merupakan cara online yang paling banyak digunakan oleh konsumen. Selain tidak harus mengantri dalam pembayaran listrik, pembayaran dengan ATM dapat menghemat banyak waktu.

Bagi konsumen listrik yang tertarik melakukan pembayaran listrik secara online dengan menggunakan internet banking, berikut penjelasan mengenai tata cara pembayarannya:

  1. Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah dengan memiliki akun internet banking. Beberapa bank di Indonesia bekerja sama dengan pihak PLN, salah satunya adalah BRI.
  2. Jika telah memiliki akun internet banking bank BRI, kunjungi situs https://ib.bri.co.id
  3. Lakukan login ke akun tersebut dengan mengisi nama, password serta kode verifikasi.
  4. Pilih menu listrik PLN.
  5. Masukkan IDPEL atau tujuan pembayaran.
  6. Klik IDPEL tersebut untuk menyimpan nomor IDPEL tersebut.
  7. Setelah IDPEL tersimpan, klik kirim.
  8. Setelah melakukan pengiriman, perhatikan handphone Anda. MToken akan dikirimkan melalui nomor telephone pengguna.
  9. Jika pengguna listrik telah melakukan pembayaran dengan benar, pengguna akan dikirimkan bukti pembayaran listrik.
  10. Klik log out pada situs.

Cara pembayaran listrik di atas merupakan cara pembayaran listrik dengan memanfaatkan internet banking. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, ada acara lain yang dapat dilakukan untuk melakukan pembayaran listrik secara online.

Cara pembayaran listrik online yang lain adalah dengan memanfaatkan ATM. Jika pengguna listrik lebih tertarik melakukan pembayaran listrik dengan memanfaatkan ATM, pengguna listrik dapat melakukan beberapa cara mudah yang akan dijelaskan di bawah ini. Berikut ini merupakan cara pembayaran online listrik dengan memanfaatkan ATM:

  1. Pilih menu pembayaran pada menu
  2. Pilih listrik atau PLN (Perusahaan Milik Negara).
  3. Pilih menu listrik pasca bayar.
  4. Masukkan IDPEL atau Id Pelanggan.
  5. Pilih klik bayar pada menu.
Dalam melakukan pembayaran listrik secara online, pengguna biasanya akan dikenakan biaya administrasi. Dalam melakukan pembayaran listrik dengan memanfaatkan ATM misalnya, pengguna akan dikenakan potongan sebesar Rp. 3.000,00. Biaya administrasi tersebut terbilang cukup murah mengingat layanan yang didapat oleh pengguna ATM.

Selain dapat menghemat banyak waktu, pengguna ATM juga tidak harus melakukan pengantrian seperti yang terjadi dalam pembayaran listrik di loket PLN. Pembayaran online yang dilakukan dengan menggunakan ATM tergolong sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Mereka yang memiliki kesibukan penuh dapat menghemat waktu mereka dengan melakukan pembayaran listrik dengan menggunakan ATM.

Jika pelanggan listrik ingin merasakan kemudahan akan layanan pembayaran secara online tersebut, pastikan jika pengguna listrik telah tergabung menjadi nasabah bank tertentu. Pembayaran listrik dengan memanfaatkan ATM tidak dapat dinikmati jika pelanggan belum tergabung menjadi nasabah bank.

Setelah pelanggan listrik telah menjadi salah satu nasabah yang memiliki kaitan dengan pihak PLN, pelanggan listrik tersebut dapat memanfaatkan layanan pembayaran listrik secara online. Semoga dengan penjelasan mengenai cara pembayaran listrik online di atas, para pelanggan listrik dapat membayar tagihan dengan tepat waktu.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Dalam Melakukan Pembayaran Tagihan Listrik Secara Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel