Cara-Cara Pembayaran Tagihan Listrik Secara Online yang Dapat Dilakukan oleh Pelanggan

Hidup di dunia yang serba canggih ini tentunya tidak akan dinikmati tanpa adanya listrik. Listrik yang merupakan kebutuhan penting manusia dapat dimanfaatkan untuk menjalankan segala aktifitas manusia di muka bumi. Tanpa adanya listrik, manusia tidak akan hidup enak seperti sekarang ini.

Bayangkan jika kita masih hidup di jaman dahulu, penerangan hanya akan diperoleh dengan memanfaatkan sinar dari api saja. Tidak ada banyak hal yang dapat dilakukan tanpa adanya tenaga listrik.

Untuk itulah, kita sebagai pengguna listrik harus memberikan dukungan kepada pemerintah dengan berperilaku sebagai pengguna listrik yang bertanggung jawab. Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan membayar tagihan listrik dengan tepat waktu dan tidak boros dalam menggunakan tenaga listrik.

Berbicara mengenai tagihan listrik, kini kita tidak harus mengantri di loket PLN untuk melakukan pembayaran tagihan. Pembayaran online listrik menjadi salah satu cara paling efisien dalam melakukan pembayaran tagihan listrik tersebut.

Jika diperhatikan dengan lebih teliti, pembayaran dengan system online tentunya memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna listrik yang ingin membayarkan tagihan listriknya. Pengguna listrik tidak harus mengantri di loket PLN dan berdesak-desakan dengan para pengguna listrik yang lain.

Selain tidak harus mengantri, para pengguna listrik juga dapat melakukan penghematan waktu. Pembayaran online hanya membutuhkan waktu yang singkat dalam melakukan transaksinya. Hanya dengan waktu yang singkat, proses pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.

Dalam melakukan pembayaran listrik secara online, ada beberapa tempat yang dapat didatangi, seperti:

  • Kantor Pos
  • PPOB atau Payment Point Online Banking
  • Mitra perbankan
  • Internet banking
  • ATM
  • SMS banking

Pembayaran online listrik semakin mudah dengan adanya layanan-layanan public yang dikendalikan dengan internet. Internet banking merupakan salah satu layanan public yang dapat digunakan dalam melakukan pembayaran tagihan listrik. Selain menggunakan internet banking, para pengguna listrik juga dapat membayarkan tagihannya melalui ATM. System pembayaran listrik menggunakan ATM merupakan system pembayaran tagihan listrik yang paling banyak diminati oleh pengguna. Selain mudah dioperasikan, pembayaran listrik di ATM dapat dilakukan tanpa harus melakukan pengantrian.

Berikut ini merupakan cara pembayaran listrik di ATM yang dapat dilakukan:

  1. Datangi mesin ATM yang berada di sekitar Anda, contohnya ATM BRI.
  2. Masukkan kartu ATM Anda ke dalam mesin ATM.
  3. Masukkan nomor PIN Anda dengan tapat dan pilih menu pembayaran.
  4. Pilih menu Listrik/PLN.
  5. Layar akan menunjukkan dua jenis pembayaran, prabayar dan pascabayar. Pilih pascabayar untuk melakukan transaksi.
  6. Masukkan ID pelanggan listrik ke dalam layar.
  7. Pelanggan akan ditampilkan informasi mengenai data pelanggan PLN.
  8. Klik bayar.

Selain dapat melakukan pembayaran tagihan listrik dengan memanfaatkan mesin ATM, pelanggan juga dapat melakukan pembayaran melalui internet banking. Pembayaran tagihan listrik akan semakin terasa mudahnya dengan melakukan pembayaran online melalui internet banking ini. Pelanggan listrik harus memastikan jika ia merupakan salah satu nasabah bank yang melakukan kerja sama dengan PLN. BRI merupakan salah satu bank yang berkaitan dengan PLN dan nasabah dapat melakukan pembayaran melalui internet banking tersebut. Berikut ini merupakan cara pembayarannya:

  1. Masuk ke dalam situs BRI dengan alamat https://ib.bri.co.id
  2. Login ke situs tersebut dengan memasukkan kata sandi dan kode verifikasi.
  3. Tagihan dapat dilakukan dengan mengklik menu listrik terlebih dahulu yang berada di barisan paling atas laman.
  4. Masukkan IDPEL atau Id Pelanggan pada laman yang telah disediakan sebelumnya.
  5. Untuk menyimpan IDPEL, klik tanda centang pada laman. Nomor IDPEL akan tersimpan dengan segera dan dapat digunakan pada kesempatan yang akan datang. Jika IDPEL belum tersimpan, Anda dapat memasukkan kode tersebut dengan cara manual.
  6. Kirim dan masukkan kode mToken
  7. Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan SMS dari pihak bank.
  8. Setelah Anda mendapatkan SMS dari pihak bank, proses pembayaran listrik telah selesai dilakukan.
  9. Log out dari situs BRI

Belum ada Komentar untuk "Cara-Cara Pembayaran Tagihan Listrik Secara Online yang Dapat Dilakukan oleh Pelanggan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel